Kamis 05 Jan 2017 21:02 WIB

Lutung Jawa di Muaragembong Diburu untuk Obat Kuat

Lutung Jawa
Foto: Antara
Lutung Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polsek Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terus mengantisipasi perburuan Lutung Jawa di sekitar hutan lindung kecamatan setempat karena binatang itu masuk kelompok satwa dilindungi. "Ini dikarenakan Lutung Jawa adalah satwa yang dilindungi dan hampir punah karena perburuan liar," kata Kepala Unit Patroli Polsek Muaragembong Aipda M Muji di Bekasi, Kamis (5/1).

Ia menjelaskan kegiatan oleh aparat itu terus dilakukan dengan menggunakan perahu motor guna menjaga dan memantau keamanan di hutan lindung Kecamatan Muaragembong itu. Pihaknya sering menjumpai beberapa selongsong peluru maupun darah dari satwa itu di kawasan setempat yang diduga terkait dengan perburuan liar oleh orang tidak bertanggung jawab.

Dari informasi yang diperolehnya, katanya, sering kali satwa liar itu diburu untuk dijual kepada pengepul. Hasil buruan itu hanya diambil otak, gigi, dan dagingnya yang diyakini sebagai tolak bala maupun obat kuat. Bahkan biasanya dijualbelikan ke pasar gelap.

"Tentu ini sudah menyalahi aturan serta melawan undang-undang tentang perburuan satwa yang masuk dalam daftar perlindungan," katanya.

Ia menjelaskan patroli oleh petugas dilakukan dengan mengitari daerah Muaragembong. Pihaknya membagi petugas menjadi beberapa tim karena luas wilayah Kecamatan Muaragembong kurang lebih 13.000 hektare dengan jumlah penduduk 45 ribu jiwa.

Wilayah hukum Polsek Muaragembong merupakan daerah yang didominasi oleh area perairan dan dihimpit lautan, di antaranya sebelah utara berbatasan dengan pesisir Laut Jawa. Wilayah timur Muaragembong berbatasan dengan Kabupaten Karawang, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Cabang Bungin, Tambelang, dan Babelan, Bekasi.

"Namun wilayah barat Muaragembong berbatasan dengan pesisir pantai Laut Jawa arah Teluk Jakarta," katanya.

Muji menjelaskan patroli air dilakukan petugas guna mengantisipasi kejahatan di Muaragembong, sedangkan patroli dengan kendaraan bermotor relatif sulit ditempuh petugas. "Untuk itu dilaksanakan kegiatan patroli air dan juga agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement