Ahad 25 Dec 2016 10:49 WIB

Pendopo Wali Kota Bandung Dibuka untuk Wisatawan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Balai Kota Bandung. (Republika/ Edi Yusuf)
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Balai Kota Bandung. (Republika/ Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemkot Bandung mempersilahkan semua masyarakat datang ke Pendopo Kota Bandung selama liburan ini. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mempersilakan rumah dinasnya dikunjungi para wisatawan selama liburan akhir tahun.

Rumah dinas itu akan di buka setiap hari dari 25 Desember sampai tanggal 1 Januari 2017 nanti. Biasanya, wisata Pendopo ini buka hari Sabtu dan Ahad pukul jam 9 - 12 WIB. Lalu, pukul 13:30 - 16:00 WIB.

"Ini kami buka, berawal dari aspirasi warga yang ingin berwisata ke pendopo Kota Bandung. Makanya, mulai hari ini (Ahad, 25/12), pendopo akan terbuka untuk umum dan menjadi Wisata Pendopo," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, kepada wartawan Ahad (25/12)

Emil mengatakan, pendopo ini merupakan bangunan bersejarah. Karena, lebih dari satu abad menjadi kediaman Bupati pada zamannya. Kemudian, sekarang menjadi kediaman wali kota yang penuh dengan taman. "Arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tidak berdinding," katanya.

Oleh karena itu, Emil mempersilakan, wisatawan dan warga Bandung yang mau berfoto-foto untuk melihat. "Kami persilakan yang dan belum pernah datang ke sini untuk hadir," katanya.

Namun, kata dia, agar bisa masuk ke Pendopo, ada beberapa persyaratannya. Di antaranya berpakaian sopan, tidak bawa makanan dan minuman serta menyesuaikan dengan peraturan yang ada.

 

Emil berharap, dengan adanya wisata pendopo ini menambahi pengetahuan sejarah buat orang Bandung dan wisatawan. "Seperti halnya kalau kita ke Jogja ingin masuk ke Keraton. Tidak jauh dari itu kita berikan keindahan pendopo untuk masyarakat," katanya.

Selain itu, kata dia, untuk wisata Pendopo ini akan ada tour guide nya. Sehingga sejarah yang ada disini, bisa dijelaskan oleh guide tersebut.

Terkait libur panjang ini, Emil meminta pada semua masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Bandung untuk menjaga ketertiban, dan tak membuang sampah sembarangan. Selain itu, Emil menyarankan pada wisatawan yang datang ke Bandung agar mengunjungi taman-taman di Kota Bandung yang sekarang banyak pilihan.  "Jadi, jangan ke mal saja, kunjungi taman juga, itu aja insya Allah semua happy," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement