Sabtu 17 Dec 2022 21:47 WIB

Polisi Identifikasi Pelaku Perampokan Rumah Wali Kota Blitar dari Sidik Jari

Sudah 40 saksi yang diperiksa polisi terkait kasus perampokan rumah Wali Kota Blitar.

Aparat Kepolisian Resor Blitar Kota, Jawa Timur, mengidentifikasi pelaku perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso dari sidik jari serta keterangan para saksi.(ilustrasi).
Foto: Rahajeng Aulia Diaswari
Aparat Kepolisian Resor Blitar Kota, Jawa Timur, mengidentifikasi pelaku perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso dari sidik jari serta keterangan para saksi.(ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Aparat Kepolisian Resor Blitar Kota, Jawa Timur, mengidentifikasi pelaku perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso dari sidik jari serta keterangan para saksi.

"Ini sudah 40 saksi yang kami periksa. Kami masih dalami berbagai kemungkinan, tentunya dari hasil analisis keterangan saksi. Kami masih profiling dengan data, baik metode sidik maupun lainnya," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono di Blitar, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga

Dari analisis sidik jari yang ditemukan di area rumah dinas, kata dia, juga dilakukan tindak lanjut untuk pencocokan identitas. Namun, terdapat beberapa yang tidak ada kaitannya dengan kasus itu.

"Jadi, analisis sidik jari ada beberapa yang setelah dicocokkan ada identitas yang tidak ada keterkaitan. Ini jadi catatan tersendiri. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan manual dibantu dispendukcapil," katanya.

Saat ini polisi juga masih fokus mencari keberadaan lokasi kendaraan para pelaku. Polres Blitar dibantu dari Polda Jatim serta dari Mabes Polri untuk ungkap kasus tersebut.

"Yang pasti secara scientific investigation sudah berjalan. Sudah ada rumusan dan ada di bank data inafis. Karena ini kepentingan penyidikan, saya tidak bisa menjelaskan secara perinci. Yang pasti semua dikerjakan oleh tim," kata dia.

Diharapkan pula kasus tersebut bisa secepatnya terungkap dari berbagai data dan bukti yang telah dievaluasi oleh polisi. "Mudah-mudahan dapat segera kami temukan yang memang sesuai, bukan hanya berdasarkan perkiraan menganalisis yang mungkin tersebar. Ada media sosial yang menyebarkan video dan sebagainya. Ini tentunya menjadi kesulitan karena pasti akan mengubah pola-pola lain jika seperti itu," ujarnya.

Sementara itu, di media sosial beredar potongan rekaman CCTV yang menunjukkan dugaan aktivitas perampok di rumah dinas Wali Kota Blitar. Dalam video yang beredar tersebut, diketahui bahwa setelah mobil pelat merah masuk ke rumah dinas, pelaku turun dari mobil Kijang Innova.

Dari hasil tangkapan layar CCTV, pelaku mengenakan masker hitam dan menggunakan jaket berwarna kuning serta cokelat. Terdapat bendera merah putih di lengan kanan. Dari gambar, salah satu pelaku juga terlihat mengenakan topi milik Korpri.

Sebelumnya, kasus pencurian disertai dengan penyekapan terjadi di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso, Senin (12/12/2022). Para perampok membawa kabur uang tunai dari rumah dinas sebanyak Rp 400 juta serta perhiasan milik istri Wali Kota Blitar.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement