Kamis 15 Dec 2016 18:02 WIB

Sumarsono: Setiap RW Harus Miliki Gerobak Motor Sampah

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Karta Raharja Ucu
Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono (tengah)
Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawardhani
Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan seharusnya setiap Rukun Warga (RW) dilengkapi dengan gerobak motor sampah. Sebab selama ini, petugas kebersihan di RW hanya memakai pengki dan sapu.

"Itu memang aspirasi mereka. Kita hanya mampu memenuhi nggak lebih dari 30 persen, RT RW," kata Sumarsono di Gedung Pertamina Jakarta Pusat, Kamis (15/12).

Sehingga siapa pun jadi gubernur ke depan, menurut Sumarsono, kebutuhan gerobak motor di setiap RW itu harus ada. "Ini kurang jumlahnya, karena hanya tambah 300, yang ada hanya kurang dari seribu. Sementara RW kita ada 2.700. Yang terpenuhi tidak ada seribu,"

Selain itu, Sumarsono menargetkan semua RT dan RW mendapatkan gerobak motor sampah. Sebab hal ini berkaitan dengan program Jakarta Baru, yaitu program untuk membuat Jakarta bersih, aman, dan nyaman dengan skala internasional.

"Karena itu, konsekuensinya adalah kebersihan jadi prioritas utama," katanya.

Ia pun menilai gerobak motor sampah masih dibutuhkan dalam skala dua sampai tiga tahun.

"Kita itu kurang. Hanya sepertiga yang baru terpenuhi. Jadi, dua hingga tiga tahun masih dibutuhkan penambahan. Terserah pada gubernur baru. Karena kita harus menjaga kebersihan kota," ujarnya.

Sebelumnya, Sumarsono menyerahkan gerobak motor secara simbolis kepada lima perwakilan kota administrasi serta Kepulauan Seribu pada Selasa (13/12). Selain itu, ia juga menyerahkan secara simbolis kepada Batalyon Paskhas 461 TNI AU Halim dan Satuan 81 Kopasus Cijantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement