Jumat 09 Dec 2016 19:27 WIB

Sekolah di Bekasi Gelar Aksi Kreatif Tolak Jadi Target Rokok

Aksi siswa SMP N 4 Bekasi tolak jadi target rokok
Foto: Lentera Anak
Aksi siswa SMP N 4 Bekasi tolak jadi target rokok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah di Kota Bekasi dan Tangerang Selatan mendeklarasi sebagai kawasan tanpa rokok. Aksi tersebut dibungkus dengan kegiatan kreatif berupa drama teatrikal serta perlombaan olahraga.

Dikutip dari keterangan tertulis Yayasan Lentera Anak, deklarasi pertama dilakukan seluruh siswa SMP N 4 Bekasi. Mereka melakukan berbagai aksi kreatif menolak menjadi target Industri Rokok.

Aksi kreatif yang diikuti 1.312 siswa ini berupa drama teatrikal mengenai akibat rokok bagi anak dan melakukan formasi baris berbaris “tolak jadi target”. Aksi kreatif ini dibuka langsung oleh kepala sekolah Heri M.Pd.

“Dunia pendidikan itu tidak boleh terkontaminasi dengan peredaran rokok, iklan rokok terlebih penggunaan rokok di sekolah. Kegiatan siswa ini menyentuh dan bermakna sekali dan saya memutuskan langsung berhenti merokok setelah 32 tahun,” ungkap Heri.

Selain melakukan aksi kreatif, siswa-siswi SMP N 4 Bekasi juga berkeliling ke warga sekitar sekolah, meminta dukungan untuk membebaskan sekolahnya dari peredaran rokok dan iklan rokok yang dipasang disekitar sekolah mereka.

Monica, ketua panitia aksi kreatif “tolak jadi target” mengaku bangga sekolahnya menjadi satu dari 10 pelopor sekolah sebagai kawasan tanpa rokok di Kota Bekasi.

“Saya senang dengan kegiatan ini, banyak teman-teman sadar bahaya rokok bahkan kepala sekolah kami ikut berhenti merokok," kata dia.

Dihari yang sama, SMA N 1 Tangerang Selatan juga melakukan aksi kreatif tolak jadi target dan penggalangan dukungan sekolah sebagai kawasan tanpa rokok. Sebanyak 1.096 siswa terlibat dalam kegiatan yang digelar hingga esok hari ini.

Kegiatan ini dibuka dengan pematahan replika rokok oleh kepala sekolah Drs H. Sujana S.Pd, dilanjutkan dengan lomba futsal, catur, rubik dan tenis meja. Juga disediakan “photo booth” untuk siswa mengkampanyekan diri tolak jadi target.

Siswa SMA N 1 Tangerang Selatan ini juga berkeliling ke masyarakat sekitar sekolah meminta dukungan membebaskan sekolahnya dari penjualan dan iklan rokok yang ditujukan kepada anak sekolah.

M. Alfaraidza Azhari ketua panitia kegiatan “Nge HITS tanpa rokok” mengajak teman temannya menjauhi rokok dan tidak terbujuk rayuan iklan rokok, ia menyerukan “kita bisa keren tanpa rokok, Ayo berubah!”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement