Sabtu 19 Nov 2016 23:37 WIB

Menteri BUMN: Kearifan Lokal Menarik Wisatawan Mancanegara

Rini M.Soemarno (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Rendra Purnama
Rini M.Soemarno (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan suasana kearifan lokal di suatu tempat tujuan wisata sangat menarik bagi wisatawan mancanegara. Menurutnya, jika dikemas dengan kearifan lokal, banyak masyarakat internasional yang lebih tertarik.

"Karena mungkin banyak dari mereka biasa tinggal di hotel bintang empat atau lima jika bepergian," katanya di Magelang, Sabtu (19/11).

Ia mengatakan hal tersebut usai meninjau beberapa bangunan rumah inap di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Ngaran, Kecamatan Borobudur. Ia menuturkan kalau dibuat program dengan kearifan lokal atau yang ada spesialisasi di daerah tersebut akan lebih menarik, maka pihaknya meminta sejumlah BUMN untuk membangun balkondes di kawasan Borobudur yang bisa mengangkat program kearifan lokal.

"Tentunya program kami ini bagaimana dapat menyejahterakan masyarakat yang berada di sekitar daerah wisata. Harapan utama program sinergi BUMN ini dalam membangun balkondes dan rumah inap untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Borobudur," katanya.

Menurut dia Borobudur merupakan tujuan wisata yang sangat menarik untuk wisatawan mancanegara, Borobudur potensinya sangat besar. Di daerah ini, katanya masyarakatnya sangat mendukung, terbuka, bisa menerima pengunjung. Hal ini sangat baik sebagai dasar untuk memberikan pelayanan yang baik. Selain itu, desa-desa di kawasan Borobudur ini sangat menarik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement