Sabtu 10 Sep 2016 15:20 WIB

Elektabilitas Naik, Herman Deru Jadi Rebutan di Pilgub Sumsel

Herman Deru
Foto: Antara
Herman Deru

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pilgub Sumatra Selatan 2018 memunculkan sejumlah nama calon. Satu di antaranya adalah mantan bupati Oku Timur, Herman Deru yang namanya mencuat ke daftar teratas calon gubernur Sumatra Selatan pada Pilkada 2018 mendatang.

Peneliti Lembaga Survei Stratak Indonesia, Oktarina Subarjo menyatakan para bakal calon gubernur Sumsel 2018 masih cair. “Saya menyarakankan kepada para bakal calon untuk sosialisasi saja, turunlah dan adu program," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (10/9).

Ia mengatakan, dari sisi popularitas dan elektabilitas, Herman Deru adalah yang tertinggi. "Popularitas Herman Deru ada di kisaran 70 persen, sementara elektabilitasnya ada di kisaran 30 persen. Itu survei Juni 2016, Saya dengar Deru saat itu belum melakukan sosialisasi ke bawah,” ujar Okta.

Okta menyakini agak sulit bagi Deru menerima pinangan sebagai calon wakil gubernur bagi siapa pun. “Ini karena popularitas dan elektabilitasnya tertinggi, silakan lakukan survei dengan metode yang sama, syukur kalau dengan reponden lebih banyak misalnya di kisaran 1.200 responden dari marin error 3 persen, saya kok menduga hasilnya akan sama, Deru akan tertinggi,” ucap Okta.

Koordinator Relawan Herman Deru, =Syukri Holil menyatakan bersyukur jika Deru diperebutkan. "Memang sudah banyak kontak ke Bang HD ini agar mau berpasangan. Dalam politik ini baik, tetapi soal akan mencalonkan di posisi apa, Bang HD sudah tegas, maju jadi gubernur, bukan wakil gubernur,” ujar Syukri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement