Ahad 28 Aug 2016 02:32 WIB

Pemkot Depok akan Wujudkan RW Layak Anak

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Achmad Syalaby
Salah satu ruas jalan di Depok. Ilustrasi
Foto: Republika
Salah satu ruas jalan di Depok. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok segera mewujudkan program RW Layak Anak di Kota Depok. Untuk itu, salah satu upaya yang akan dilakukan yakni perlunya peran seluruh Lurah dan Camat untuk proaktif mendukung program RW Layak Anak.

"Proaktif seluruh Lurah dan Camat sangat penting mewujudkan program RW Layak Anak berjalan sukses," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris A Shomad saat membuka kegiatan Gelar Ekspresi Anak (GEA) di Lapangan Balai Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/8).

Untuk itu, Idris meminta kepada seluruh lurah dan camat menyediakan sarana dan prasarana serta kegiatan yang melibatkan anak-anak."Seluruh Lurah dan Camat harus proaktif menyediakan taman bermain, PAUD dan ruang-ruang lainnya guna menunjang kebebasan anak dalam berekspresi," imbuhnya.

Idris juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta membantu Pemkot Depok dalam merealisasikan program-program yang mendukung Kota Layak Anak (KLA). Seperti mendidik anak dengan seni, mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan serta memberi kasih sayang sepenuhnya bagi pertumbuhan anak.

"Biarkan mereka berekspresi melakukan hal-hal yang diinginkan, namun tetap dalam pengawasan. Dunia anak adalah dunia bermain," papar Idris.

Menurut data yang dimiliki Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok sampai dengan Juni 2016, jumlah anak-anak sebanyak 664.583 jiwa dari jumlah total penduduk  2.121.336 jiwa. Artinya 30 persen penduduk Kota Depok adalah anak-anak. "Oleh karena itu, Pemkot Depok gencar mewujudkan Program KLA guna memberi ruang gerak bagi anak untuk bebas berekspresi dalam masa pertumbuhan mereka," kata Idris. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement