Rabu 27 Jul 2016 15:21 WIB

Bank Dunia Bangga Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Teguh Firmansyah
Sri Mulyani (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Sri Mulyani (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dengan bangga dan sedih melepas Sri Mulyani untuk kembali mengabdi di Tanah Air sebagai Menteri Keuangan yang baru. Kepastian ini setelah Presiden Joko Widodo telah meminta Mulyani untuk kembali menjabat mandat yang sempat dipeganya pada 2005-2010.

Jim mengatakan, Sri Mulyani merupakan sosok yang memiliki suara kuat terhadap masyarakat miskin. Komitmen Mulyani untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat tidak mampu telah dia cerminkan bukan hanya saat berada di Bank Dunia, tapi juga ketika Mulyani menjabat sebagai Menteri beberapa tahun lalu.

"Siapapun yang telah menghabiskan waktu dengan Sri Mulyani pasti tahu cinta yang mendalam untuk Indonesia," ujar Jim, Rabu (27/7).

Saat bergabung dengan Bank Dunia, Sri Mulyani bertanggung jawab atas operasinal Bank di seluruh dunia. Dia juga memastikan bahwa saat sejumlah negara klien mengalami pergesaran, Bank Dunia tidak kehilangan fokus kliennya.

Baca juga, Jokowi Ungkap Alasan Reshuffle Kabinet Kerja.

Jim menjelaskan, pengalaman Sri Mulyani di berbagai kursi pemerintah dan di lembaga internasional membuat dia mempunyai kemampuan dalam menciptakan budaya kolaborasi. Hal tersebut membuat Bank Dunia mampu melakukan kerja sama dengan berbagai pemegang saham mapun peminjamh dana dengan berbagai isu yang menantang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement