Rabu 13 Jul 2016 19:44 WIB

207.681 Wisatawan Kunjungi Objek Wisata Bantul

Pantai Pok Tunggal di Bantul, Yogyakarta
Foto: Utiket.com
Pantai Pok Tunggal di Bantul, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 207.681 wisatawan mengunjungi tujuh objek wisata di daerah ini selama libur Idul Fitri 1437 Hijriah mulai Senin (4/7) hingga Selasa (12/7).

"Dari tujuh destinasi wisata di Bantul, Pantai Parangtritis menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang mencapai 153.950 orang," kata Kasi Promosi dan Bimbingan Wisata Disbudpar Bantul, Markus Purnomo Adi, di Bantul, Rabu (13/7).

Menurut dia, tujuh destinasi wisata di Bantul tersebut adalah Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Baru Pandansimo, Pantai Kuwaru. Kemudian dua objek wisata alam yaitu Gua Selarong dan Gua Cerme.

Ia mengatakan Pantai Parangtritis yang bersebelahan dengan Pantai Depok itu memang masih menjadi tujuan favorit wisatawan dibanding objek wisata lainnya, sebab mesti keenam objek wisata lain ramai dikunjungi, jumlah wisatawan tidak sebesar Pantai Parangtritis.

"Kalau Pantai Samas berjumlah 21.300 wisatawan, Pantai Gua Cemara ada 8.250 wisatawan, Pantai Baru Pandansimo ada 15 ribu wisatawan, Pantai Kuwaru 5.752 wisatawan, sementara Gua Selarong 2.684 wisatawan, dan Gua Cerme ada 745 pengunjung," katanya.

Menurut dia, jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi Bantul selama libur Lebaran mulai dari libur cuti pra hingga setelah Lebaran ini lebih dari sekitar 200 ribu wisatawan tersebut, sebab data itu yang tercatat di objek wisata yang sudah diberlakukan retribusi.

Sementara objek wisata lain di Bantul yang tidak ditarik retribusi, seperti Gunung Pengger, Bukit Panguk, Hutan Pinus Mangunan, Ledok Pokoh, Puncak Becici, dan sejumlah desa wisata lain yang tersebar di Bantul belum masuk hitungan, sebab tidak terpantau dalam data.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement