Sabtu 25 Jun 2016 10:05 WIB
Milad Habibie

Detik-Detik Habibie Menjadi Presiden

Rep: Lintar Satria/ Red: Ilham
BJ Habibie mengucap sumpah jabatan Presiden RI
Pidato pengunduran diri Presiden Soeharto.

Ketika Habibie meninggalkan Cendana pada pukul 09 :00 malam itu, ia memanggil empat menteri koordinator dan 14 menteri yang menandatangani petisi menolak Kabinet Pembaruan. Pertemuan tersebut dilakukan di rumah Habibie di Jalan Patra Kuningan pukul 22:00.

Dalam pertemuan tersebut, Habibie menceritakan hasil pertemuannya dengan Soeharto. Mendengar cerita Habibie, 14 belas menteri dibawah Ginandjar Kartasasmita mau ikut kabinet berikutnya dengan syarat bukan Soeharto yang membentuk kabinet, tapi Habibie.

Namun saat Habibie menelepon Cendana pada pukul 22:45, ia diberitahu oleh Sekretaris Negara Saadilah Mursyid bahwa besok Soeharto akan mengalihkan kekuasaannya ke Habibie. Saat itulah Habibie tahu ia akan menjadi Presiden ketiga Republik Indonesia.

Hari ini, Sabtu (25/6), Habibie menggenapkan usianya yang ke-80 tahun. Bukan waktu yang singkat, namun panjang waktu dalam hidup suami Hasri Ainun Besari itu banyak memberikan pelajaran bagi negara dan generasi selanjutnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement