Sabtu 25 Jun 2016 08:35 WIB

Sebuah Puisi: Habibie, Pahlawan Kami

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham
Presiden RI ke tiga BJ Habibie menyampaikan pidato politiknya saat menghadiri Tasyakur Milad ke-18 PKS di Jakarta, Ahad (24/4).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto:

Kedelapan hadiah tersebut akan diberikan dalam bentuk delapan seri buku yang merangkum sosok inspiratif Habibie yang ditulis Andi Makmur Makka. Kedelapan hadiah tersebut adalah:

  • Jangan Pernah Berhenti (Jadi) Habibie
  • Habibie: Jejak Sang Penanda Kebangkitan 
  • Habibie: Karya Nyata Untuk Indonesia
  • Habibie: Totalitas Sang Teknosof
  • Habibie: Musik, Film dan Kegemaran
  • Habibie: Makna di Balik Lensa
  • Ainun: Mata Cinta Habibie
  • Habibie: Dalam Komik, Puisi dan Surat

Penulis kedelapan series ini, Andi Makmur Makka, menceritakan, tulisan ini telah direncanakan semenjak tahun lalu. Penyusunan hingga delapan seri ini bermula saat Habibie memberikan tantangan kepada Dewan Pengurus The Habibie Center ini. “Diminta membuat delapan buku yang satu bukunya 100 halaman,” kata pria yang pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi (pemred) Harian Republika ini.

Saat mendapatkan tantangan tersebut, Makka mengaku sangat grogi. Meski begitu, Makka tetap meyakinkan diri akan membuat delapan seri tersebut. Syaratnya, Habibie bisa memberikan bahan tulisan yang mencukupi.

Pengabdian dan seluruh kisa perjalanan Habibie terangkum dalam delapan buku tersebut. Kisah saat dirinya menjadi menteri riset dan teknologi, wakil presiden, dan presiden ketiga tertulis dalam catatan tersebut. Bahkan, para generasi muda bisa menemukan bagaimana kehidupan beragama Habibie, tentang keluarga hingga prestasi serta sumbangsih Habibie dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Di masa-masa sebelumnya, catatan tentang kehidupan Habibie memang sudah sering dibukukan. Namun, kali ini bukan hanya tampilannya saja yang bervariasi, bahan dan narasumber yang disajikan lebih berwarna dan lengkap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement