Jumat 03 Jun 2016 19:31 WIB

Ini Jawaban Mendagri Tentang Ancaman PKI yang Disebut Kivlan Zein

Tjahjo Kumolo
Foto: Republika/ Wihdan
Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, kondisi daerah-daerah sampai saat ini masih terkendali, aman, serta kondusif. Daerah tidak terpengaruh dengan isu munculnya kembali partai komunis Indonesia di Tanah Air.

"Mencermati perkembangan dinamika yang ada, sampai saat ini daerah cukup kondusif. Tidak ada pergerakan seperti yang disampaikan," kata Tjahjo, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat.

Terkait isu yang disampaikan mantan tokoh militer Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein tentang adanya kemunculan lagi PKI yang siap mendeklarasikan diri pada 2017 mendatang, Mendagri enggan berkomentar lebih. "Kalau Pak Kivlan menyampaikan opini semacam itu, silakan saja tanya beliau," kata Tjahjo singkat.

Baca juga, Soal Pernyataan Kivlan Zein, Menhan: TNi Punya Fakta Kebangkitan PKI.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi bahwa isu kemunculan PKI tersebut terlalu berlebihan dan ideologi tersebut terbukti gagal di banyak negara.

"Menurut saya, mungkin agak berlebihan mengenai pandangan bahwa PKI itu mau hidup lagi. Kalau kita melihatnya, PKI itu komunis, (sementara) komunisme suatu ideologi yang perkembangannya dengan pemikiran pemerataan. Orang melihat itu mungkin dari sisi-sisi yang berbeda," kata Wapres Jusuf Kalla, di Jakarta, Jumat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement