Selasa 24 May 2016 20:32 WIB

Perlu Kebersamaan Agar Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Karta Raharja Ucu
Formasi kekuatan maritim RI (ilustrasi)
Formasi kekuatan maritim RI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ‎JAKARTA -- Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI A Taufiq R memimpin pelaksanaan panen raya ikan hasil budidaya keramba di Paluh Pisang, Belawan, Sumatra Utara. Kegiatan tersebut dibarengi dengan penyerahan benih ikan serta bibit mangrove kepada masyarakat pesisir.

Taifiq mengatakan pimpinan TNI Angkatan Laut dalam hal ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, menyambut baik kegiatan tersebut. Ini merupakan inisiatif dari kelompok pembudidaya ikan atau petani keramba ikan serta kelompok pecinta hutan mangrove di pesisir Paluh Pisang, di bawah pembinaan Lantamal I Belawan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumut.

Kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan kemaritiman menjadikan bidang kelautan sebagai tujuan utama pembangunan nasional. Untuk itu diperlukan kebersamaan serta integrasi membangun dan mengembangkan wilayah pesisir, pulau-pulau terluar atau terpencil. Hal itu guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang mampu mengelola dan mengamankan semua potensi sumber daya laut yang dimiliki demi kesejahteraan masyarakat.

Taufiq menyebut besarnya potensi sumber daya alam laut tidak akan bermanfaat tanpa didukung pengetahuan dalam pengelolaan, pemanfaatan, pelestarian, kesadaran serta komitmen tinggi seluruh masyarakat Indonesia dalam menangani kekayaan laut. Seluruh komponen bangsa harus memiliki komitmen bahwa laut dapat menyejahterakan ekonomi rakyat  Indonesia.

Masyarakat juga harus mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan dengan cara budidaya ikan, rumput laut dan konservasi terumbu karang untuk menjaga ekosistem serta kelestarian alam bawah laut.

Sebagai pilar dalam menjaga kedaulatan negara di laut, diharapkan TNI Angkatan Laut beserta instansi maritim dapat bekerja sama dalam menjaga keamanan perairan Indonesia, khususnya di wilayah Sumut. Tak hanya itu, mereka diharapkan pula menjaga kelestarian habitat dan ekosistem laut yang ada di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement