Senin 25 Apr 2016 16:51 WIB

Tambah Lapas Baru, Pemerintah Anggarkan Rp 1 Triliun

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Lapas (ilustrasi)
Foto: Antara
Lapas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan membangun lapas baru dan memperbaiki sejumlah lapas untuk mengatasi kelebihan kapasitas di hampir seluruh rutan di Indonesia. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran triliunan rupiah.

"Kebetulan kita sudah dapat anggaran dan disetujui sekitar Rp 1 triliun," katanya pada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/4).

Selain pembangunan lapas baru, anggaran tersebut juga akan digunakan untuk merehabilitasi sejumlah lapas dan penambahan blok tahanan. Khusus untuk narapidana Lapas Banceuy, Yasonna mengatakan ada sekitar 400 napi yang akan dipindah ke blok baru di lapas yang sama. Sementara sisanya untuk sementara masih di tempat yang lama sambil menunggu Lapas Banceuy dibangun kembali pascainsiden kebakaran.

Sebelumnya, Yasonna mengakui lapas-lapas di Indonesia kelebihan kapasitas. Untuk mengatasi hal tersebut, napi di lapas yang sudah terlalu penuh akan dipindah ke lapas lain yang lebih memungkinkan.

Dia menuturkan, pergeseran napi sudah mulai dilakukan. Sejumlah napi yang menjalani masa hukuman di Lapas Cipinang dan Salemba sudah mulai dipindahkan ke Lapas Cikarang dan Gunung Sindur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement