Jumat 01 Apr 2016 16:50 WIB

Harga Bawang Merah di Cirebon Kembali Naik

Bawang merah
Foto: pixabay
Bawang merah

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Harga kebutuhan dapur berupa bawang merah di Cirebon, Jawa Barat, harganya kembali naik dikarenakan pasokan berkurang dan saat ini harga bawang Rp 50.000 per kilogram dari harga normal Rp 35.000.

Salah seorang pedagang di Pasar Pagi Ilah, Jumat, mengatakan untuk harga bawang merah saat ini adatiga kategori yaitu untuk bawang merah yang ukurannya kecil-kecil dan masih basah dihargai Rp 40.000 per kiloigram, bawang merah yang ukurannya sedang dihargai Rp 45.000 dan yang ukurannya cukup besar dihargai Rp 50.000 per kilogramnya.

"Harganya naik lagi, katanya pasokan dipasaran dari petani berkurang," katanya. Ia menuturkan pelanggannya mengurangi pembelian bawang merah, karena harganya mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Sementara itu Mudatsir, Sekjen Dewan Bawang Nasional (Debanas), saat dikonfirmasi mengakui jika sekarang ini sedang masa puncak kenaikan harga bawang merah.

Ia mengatakan karena saat ini merupakan masa tanam bawang, jadi para petani yang ada di Cirebon dan Kabupten Brebes tidak mempunyai setok untuk bawang, karena masa panen sudah berakhir. "Saat ini di Cirebon dan Brebes belum memasuki masa panen dan jika ada pun masih satu dua hektare alias belum panen raya," katanya.

Adapun harga bawang merah di tingkat petani menurut Mudatsir yaitu sebesar Rp 23.000 hingga Rp 25.00 per kilogramnya untuk bawang merah yang kualitasnya masih basah dan berdaun.

Sedangkan untuk bawang merah yang sudah lepas daun dihargai Rp 28.000 hingga Rp 30.000 per kilogramnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement