Selasa 29 Mar 2016 21:05 WIB

Pemerintah akan Siapkan Ratas untuk Pelabuhan Patimban

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Djibril Muhammad
Sofyan Djalil
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Sofyan Djalil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Perhubungan (Kemnhub) tengah mengupayakan proyek pembangunan pelabuhan Patimbang, Subang, Jawa Barat (Jabar). Pelabuhan ini merupakan pengganti dari Pelabuhan Cilamaya. Rencananya untuk proyek ini, Kemehub akan menarik investor dari Jepang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengatakan,‎ Menteri Perhubungan Ignasiun Jonan memang telah mengirimkan surat kepada Bappenas mengenai kajian pelabuan Patimban, baik mengenai infrastruktur hingga pendanaannya.

"Kalau memang akan menggunakan dana pinjaman dari Jepang, nanti kita akan masukan dalam Bluebook (daftar rencana pinjaman luar negeri pemerintah). Tapi ini tetap harus dikaji," ujar ‎Sofyan di kantornya, Selasa (29/3).

‎Untuk mengkaji terkait pelabuhan Patimban, Bappenas beserta kementrian terkait akan melakukan rapat terbatas (Ratas). Sebab keinginan kuat untuk melakukan pembangunan ini baru permintaan dari Kemenhub saja. "Dalam waktu dekatlah pokoknya. Nanti dikasih tahu lagi," papar Sofyan.

‎Pelabuhan Patimbang merupakan pelabuhan yang direncakan sebagai pengganti proyek pelabuhan Cilamaya. Pembangunan Pelabuhan Cilamaya dibatalkan karena di lokasi ini terdapat jalur pipa migas milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement