Selasa 29 Mar 2016 19:42 WIB

Pantau Lalu Lintas, Puluhan CCTV di Pasang di Jalan Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
CCTV
Foto: Guardian
CCTV

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi memasang puluhan kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah jalan raya. Langkah ini diambil untuk memantau arus lalu lintas di lokasi yang rawan kemacetan.

Lokasi CCTV misalnya di perempatan lampu merah Degung, persimpangan Pintu Heks, Kimia Farma, Simpang Mardi Yuana (MY), Balai Kota Sukabumi, dan kawasan Alun-alun Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rachman menerangkan, hingga kini sudah sebanyak 23 unit CCTV yang dipasang di jalan raya.

"Aktivitas lalu lintas di jalan raya Sukabumi dengan mudah terpantau sepanjang 24 jam," ujar dia kepada wartawan, Selasa (29/3).

Sehingga kata Abdul, ketika terjadi permasalahan baik kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas, petugas dapat merespons dengan cepat.

Selain itu kamera CCTV juga dapat memantau bila terjadi aksi kriminalitas yang mengancam warga Sukabumi.

Abdul menambahkan, pemantauan CCTV dilakukan di ruang utama Dishub yang dinamakan Intelligent Transportations System (ITS). Di samping Dishub, pos pengamatan lainnya berada di Traffic Management Center (TMC) Polres Sukabumi Kota. Di mana ujar Abdul, puluhan CCTV Dishub akan diintengrasikan dengan TMC milik polisi.

Pasalnya, TMC Polres Sukabumi Kota baru memiliki enam titik lokasi pemantauan lalu lintas. Ke depan Dishub juga akan memasang sebanyak 45 unit CCTV di lokasi berbeda.

Pemasangan puluhan CCTV ini sebagai bentuk pelaksanaan konsep smart city. Pengembangannya bisa dirasakan masyarakarat yang dapat mengunduh aplikasi menyangkut arus lalu lintas di Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement