Ahad 13 Mar 2016 15:42 WIB

Purwakarta Siapkan Taksi Wisata

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Indira Rezkisari
Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, Jabar, akan membeli armada taksi wisata. Anggaran untuk pengadaan armada tersebut mencapai Rp 6 miliar. Rencananya, taksi wisata ini akan go public pada pertengahan tahun ini.

Taksi wisata diadakan bagi wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, saat ini pemkab sedang mengebut pekerjaan jalan lingkar barat dan lingkar timur. Yaitu, jalan yang menghubungkan antarkecamatan, seperti Sukasari dan Maniis, serta wilayah di perbatasan. Bila jalan itu sudah rampung, taksi wisata siap melaju.

"Nanti, konsep wisatanya keliling Purwakarta, termasuk melintasi kecamatan perbatasan yang berdekatan dengan Danau Jatiluhur," ujar Dedi kepada Republika.co.id, Ahad (13/3).

Taksi wisata ini, pada tahap pertama pengadaannya tiga unit dulu. Bentuknya, yaitu mikrobus yang bisa membawa 16 penumpang. Nanti, wisatawan bisa berkeliling Purwakarta. Mulai dari daerah pinggiran sampai ke area perkotaan.

Pasalnya, saat ini Purwakarta sedang melakukan penataan sebagai wilayah tujuan pariwisata. Adapun objek wisata yang dijual, yaitu pesona pedesaan serta tata ruang di wilayah perkotaan. Untuk pedesaan, ada sejumlah objek wisata favorit, seperti Danau Jatiluhur, Gunung Parang, Lembur Kahuripan di Kampung Tajur, serta pesona pedesaan berhawa sejuk di selatan Purwakarta.

Sedangkan, di perkotaan ada sejumlah objek wisata yang mengusung konsep modern. Yaitu, Taman Air Mancur Sri Baduga, gedung arsip digital Diorama, serta taman-taman tematik yang menghiasi perkotaan.

"Karena itu, untuk memudahkan akses wisatawan ini, dibutuhkan taksi (armada)," kata Dedi menjelaskan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement