Selasa 08 Mar 2016 19:10 WIB

Sejumlah Masjid di Lampung Gelar Shalat Gerhana

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Karta Raharja Ucu
proses gerhana matahari
proses gerhana matahari

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sejumlah pengurus masjid di Kota Bandar Lampung mengajak umat Muslim melaksanakan shalat gerhana matahari (kusuf), Rabu (9/3) pagi.

Masjid yang sudah siap menggelar shalat gerhana yakni Masjid Jami' Al Anshor (Bukit Kemiling Permai), Masjid Al Huda (Beringin Raya), Masjid Darul Fatah (Gedong Meneng), Masjid Taqwa (Kotaraja, Gunung Sari), dan masjid pemukiman lainnya. Selain itu, Pemprov Lampung menggelar shalat gerhana di lapangan upacara Korpri depan kantor gubernur Lampung.

Pengurus masjid sudah mengumumkan kepada warga, untuk mendatangi masjid pada pagi hari. Imam dan khotib shalat gerhana sudah dipersiapkan menyambut fenomena alam gerhana matahari total.

"Kami sudah persiapkan imam dan khotib shalat gerhana," kata Ketua Takmir Masjid Jami' Al Anshor, Komarozaman, di Bandar Lampung, Selasa (8/3).

Ia mengajak kaum muslimin berduyun-duyun mendatangi masjid untuk menegakkan sunnah Rasulullah saw, bila terjadi gerhana baik matahari maupun bulan untuk melaksanakan shalat gerhana. Imam dan khotib shalat gerhana di Masjid Al Anshor, Ustadz Hafidzuddin Siddiq. Adapun pelaksanaan shalat gerhana dilakukan dua rakaat, satu rakaat dua kali rukuk.

Sebelumnya, di masjid ini akan digelar tausyiah bakda Subuh, kemudian dilanjutkan shalat isyro' dan dilanjutkan shalat gerhana pada pukul 07.00 wib.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika  Lampung, Sugiono, mengatakan gerhana matahari di Lampung tidak penuh dan  akan berlangsung mulai pukul 06.20 dan berakhir sekitar pukul 08.31 wib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement