Selasa 16 Feb 2016 16:17 WIB

Kapolri Minta Kecepatan Personel Cegah Kerusuhan

Rep: Mursalin Yasland‬/ Red: Angga Indrawan
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memberikan keterangan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (16/1).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memberikan keterangan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, mengatakan kecepatan petugas datang ke tempat kejadian perkara (TKP) dapat mencegah terjadinya kerusahan atau konflik horizontal. Menurut dia, aparat harus bergerak cepat untuk mengantisipasi kerusuhan di masyarakat.

“Kecepatan petugas ke lapangan dapat mencegah kerusuhan,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di sela-sela kunjungan dinasnya di Bandar Lampung, Selasa (16/2).

Ia mengatakan, semua daerah memiliki potensi kerusuhan atau konflik sosial, bergantung dari kondisi masyarakatnya. Untuk itu, ia menilai konflik sosial dapat dicegah dan dibatasi dengan kemampuan aparat menangani konflik.

Ke depan, ia berharap kecepatan petugas mengatasi konflik horizontal sangat penting ditingkatkan, agar potensi kerusuhan dapat diatasi sedini mungkin. Selain itu, upaya mencegah kerusuhan di masyarakat, petugas harus dapat berkomunikasi dengan masyarakat secara intens.

Saat kerusuhan terjadi, kata dia, petugas secepatnya berada di lokasi untuk mengawal kerusuhan tidak meluas dan berdampak buruk pada kehidupan masyarakat. Kehadiran petugas di lokasi konflik, sebagai bentuk kesiapsiagaan petugas keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement