Ahad 14 Feb 2016 12:46 WIB

Kalijodo akan Dikembalikan ke Jalur Hijau

Aktivitas di Kawasan Kalijodo saat siang hari, Jakarta, Kamis (11/2).  (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Aktivitas di Kawasan Kalijodo saat siang hari, Jakarta, Kamis (11/2). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengembalikan fungsi kawasan Kalijodo sebagai jalur hijau. Saat ini, Kalijodo dikenal sebagai kawasan prostitusi, perjudian, kriminalitas dan peredaran narkoba di Jakarta.

"Kita tahu semua di Kalijodo ada tiga yang menonjol di samping prostitusi. Ada kriminalitas, narkoba, terus perjudian. Sekalian akan kita ubah fungsinya kembali menjadi jalur hijau," kata Wagub DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Ahad (14/2).

Ia menyebutkan mengedapankan upaya persuasif melalui sosialisasi antar lain dengan pendirian posko. Pemerintah, lanjutnya, akan memfasilitasi siapa pun yang ingin beralih profesi.

"Bagi mereka yang mau alih profesi, kita akan fasilitasi siapapun itu, kalo perlu mengikutkan, kita ikutkan, kita punya pelatihan-pelatihan di Disnaker," katanya.

Ia menyebutkan setelah survei ke sana, diketahui sebagian besar penghuni kawasan itu bukan warga DKI Jakarta. Untuk mereka yang bukan dari DKI Jakarta akan dikembalikan ke daerah asal.

"Saya tanya kepada mereka, mereka dari daerah Jabar, Banten, Jatim, Jateng. Kita akan fasilitasi untuk alih profesi bagi yang warga DKI, kalau bukan warga DKI ya nggak dong," katanya.

Mereka akan difasilitasi beralih profesi sesuai keinginan mereka seperti keterampilan mengelola salon kecantikan, menjahit dan lainnya.

"Kita juga akan kerja sama dengan banyak perusahaan swasta untuk penempatan mereka yang sudah terlatih," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement