Rabu 03 Feb 2016 08:08 WIB

Pemkot Sukabumi Perjuangkan KH Ahmad Sanusi Jadi Pahlawan Nasional

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Achmad Syalaby
KH Ahmad Sanusi
KH Ahmad Sanusi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Tokoh ulama dan pejuang kemerdekaan KH Ahmad Sanusi asal Sukabumi hingga kini belum ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Padahal, sosok tersebut sangat berjasa dalam perjalanan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

KH Ahmad Sanusi merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tahun 1945. Ia merupakan satu-satunya anggota BPUPKI yang belum ditetapkan menjadi pahlawan nasional.‘’ Kami sudah menempuh semua prosedur unuk menetapkan KH Ahmad Sanusi menjadi pahlawan nasional,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz Selasa (2/2). 

Namun, hingga kini belum ada penetapan pahlawan terhadap sosok KH Ahmad Sanusi.Upaya tersebut misalnya dengan menggelar seminar nasional yang mengangkat sosok KH Ahmad Sanusi. Harapannya, pemerintah pusat dapat mendengar apirasi dari warga Sukabumi.

Dukungan untuk penetapan KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional ini misalnya mengemuka dalam harlah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat yang digelar di Ponpes Syamsul Ulum Kota Sukabumi pada Ahad (31/1). ‘’ Kami mendukung penuh penetapan KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional,’’ ujar Ketua DPW PPP Jabar kubu Djan Faridz, Tatang Farhanul Hakim, yang juga mantan bupati Tasikmalaya.

Untuk memperjuangkannya, warga Sukabumi akhirnya membuat sebuah film yang mengangkat kiai karismatik asal Sukabumi itu dengan judul ‘Sang Pemikir dan Pejuang’. Proses pembuatan film ini dilakukan pada Januari 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement