Selasa 02 Feb 2016 14:37 WIB

15 Detik Reaksi Sianida dalam Tubuh Mirna

Anggota Reskrim Polda Metro Jaya melakukan pra-rekonstruksi di Cafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakarta, Senin (11/1). (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Anggota Reskrim Polda Metro Jaya melakukan pra-rekonstruksi di Cafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakarta, Senin (11/1). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya, Kombes Musyafak mengatakan, reaksi kimia sianida akan berlangsung cepat selama 15 detik jika sudah masuk ke dalam tubuh.

"Reaksinya cepat, setelah itu bisa berdifusi dengan jaringan sel tubuh," kata Musyafak ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/2).

Setelah tiga menit masuk ke tubuh, reaksi selanjutnya adalah pernapasan akan sesak karena kurang oksigen. Lalu, rentang delapan sampai 10 menit kemudian akan menyerang otot jantung dan menyebabkan kematian.

"Sianida itu intinya menghalangi masuknya oksigen ke seluruh tubuh, padahal tubuh membutuhkan oksigen banyak, tapi beda dengan arsenik," katanya.

Musyafak menambahkan, fungsi sianida biasanya digunakan di pertambangan dan tidak mudah untuk didapatkan walaupun di beberapa toko kimia bisa dijumpai.

Terkait dengan kematian Wayan Mirna yang keracunan sianida, bentuk sianida yang larut bisa berupa cair dan serbuk karena kedua bentuk tersebut mampu larut dalam air. Sedangkan, indikasi yang larut dalam kopi adalah hidrogen sianida.

Sebelumnya, korban pembunuhan, Wayan Mirna Salihin alias Mirna, meninggal dunia seusai meminum es kopi Vietnamens di Restoran Olivia, West Mall Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

(Baca juga: Polisi Harus Buktikan Jessica Masukan Sianida di Kopi Mirna)

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement