Rabu 20 Jan 2016 13:08 WIB

Alasan Jokowi Tunjuk Soetrisno Bachir Jadi Ketua KEIN

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Soetrisno Bachir dilantik jadi Ketua KEIN
Foto: setkab.go.id
Soetrisno Bachir dilantik jadi Ketua KEIN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir dilantik sebagai ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Presiden Joko Widodo menyebut, Soetrisno adalah seorang pengusaha senior yang telah memiliki banyak pengalaman. Karena itu, Presiden meyakini bahwa Soetrisno mampu memimpin KEIN yang memiliki 17 anggota yang terdiri atas kalangan profesional dan akademisi tersebut.

"(Beliau) bisa menjembatani antara yang akademisi dan pengusaha. Beliau kan pelaku industri juga," kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (20/1).

(Baca juga: Jadi Ketua KEIN, Soetrisno Bachir Mundur dari PAN)

Presiden menitikberatkan tugas KEIN dalam bidang industrialisasi agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. KEIN telah ditugaskan untuk melakukan kajian ekonomi dan industri, baik jangka menengah maupun jangka panjang. Hasil kajian itu selanjutnya akan dibahas bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Setelah final, rekomendasinya baru diserahkan pada Presiden.

"Saya tadi sudah minta (kajian) agar detail, 50-100 tahun itu ada. Sehingga ada panduan, ada haluan ke mana kita akan pergi," ucap Presiden.

Di bawah kepemimpinan Soetrisno Bachir, Jokowi berharap KEIN mampu mewujudkan target pemerintah yang ingin memajukan sektor industri. Presiden tak ingin lagi ada ekspor bahan mentah. Produk yang diekspor harus sudah memiliki nilai tambah, baik dalam bentuk barang jadi maupun setengah jadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement