Jumat 08 Jan 2016 18:06 WIB

Mensos Khofifah Pernah Ditawari Obat Diet yang Ternyata Narkoba

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa punya pengalaman buruk dengan narkoba. Saat masih duduk di bangku SMA, Mensos mengaku pernah ditawari obat diet alias obat penurun berat badan.

"Dulu waktu SMA saya gemuk dan ingin kurus," kata Khofifah membuka percakapan di depan puluhan pelajar dan santri saat meninjau Pusat Informasi dan Edukasi Napza di Malang, Jumat (8/1).

"Ada teman yang mengatakan kalau ingin kurus minum obat ini, saya bawa ke apotek dan tanya ke apoteker tapi ternyata itu narkoba," kata Khofifah melanjutkan.

Karena itu, mengajak para pelajar untuk menjauhi godaan narkoba dan tidak terjebak dengan berbagai macam cara pengedar. "Cara orang membujuk itu bermacam-macam. Penting bagi anak-anak jauhi narkoba, jangan coba-coba dengan godaan apapun," kata Mensos.

Mensos mengatakan, berbagai macam cara digunakan agar semakin banyak orang yang mengkonsumsi narkoba khususnya generasi muda bahkan targetnya saat ini semakin usia dini. Ia mencontohkan, misalnya melalui permen, obat pelangsing, dan barang lainnya yang awalnya diberikan secara gratis untuk membujuk anak-anak agar mau memakai.

"Pertama dikasih gratis, kedua, ketiga gratis, yang keempat setelah ketagihan tidak diberikan lagi. Karena tidak punya uang disuruh mengambil barang di rumah. Setelah ketagihan apapun mau dilakukan," kata Mensos.

Bujukan yang dilakukan juga beragam misalnya dengan alasan jika mengkonsumsi obat tersebut akan lebih konsentrasi belajar, atau berat badan bisa turun dengan cepat bagi yang kelebihan berat. Karena itu, dia mengajak para pelajar untuk menjaga diri dan tahan dari banyaknya godaan.

"Berdoa kepada Allah swt supaya dijaga keselamatan. Orang tua juga harus doakan anak-anak supaya anak-anak dijaga," ucap Mensos.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement