Rabu 06 Jan 2016 16:54 WIB

Posisi Kader Golkar di DPR Dirombak

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ilham
Anggota Komisi III FPG Azis Syamsudin
Foto: Antara
Anggota Komisi III FPG Azis Syamsudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi Partai Golkar, Azis Syamsuddin mengungkapkan, ada perubahan anggota fraksi Partai Golkar di DPR. Perubahan itu menyusul pergantian ketua fraksi yang sebelumnya dijabat Ade Komarudin dan digantikan oleh Setya Novanto yang lengser dari posisi Ketua DPR.

''Perombakan itu terjadi di tingkat Ketua dan Sekretaris Fraksi serta Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat,'' kata Azis, Rabu (6/1). (Golkar Gabung Pemerintah, Seskab: Alhamdulillah).

Menurut Aziz, perombakan itu terjadi berdasarkan hasil rapat Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, dan surat pergantian itu sudah keluar pada Desember 2015. Namun, Aziz tidak mau menyebut waktu pasti dikeluarkannya surat tersebut.

Azis yang juga Wakil Ketua Umum Golkar kubu Aburizal Bakrie ini menjelaskan, posisi yang berubah adalah Setya Novanto menjadi Ketua Fraksi menggantikan Ade Komaruddin, yang diusulkan jadi Ketua DPR.

Aziz menjadi Sekretaris Fraksi Golkar menggantikan Bambang Soesatyo. Adapun Kahar Muzakkir menjadi Ketua Badan Anggaran menggantikan Ahmadi Noor Supit.

Meski demikian, Aziz mengelak pergantian itu karena ingin menyingkirkan kubu Ade di Fraksi DPR, serta memberi ruang terhadap Kahar yang membela Novanto saat tersandung kasus etik 'Papa Minta Saham' di Mahkamah Kehormatan Dewan. "Pergantian ini merupakan hal biasa," katanya.

Aziz menambahkan, pergantian ini tidak perlu mendapat pengesahan dalam rapat paripurna pada 11 Januari nanti. Menurut dia, partai hanya melakukan pemberitahuan kepada pimpinan DPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement