Selasa 05 Jan 2016 13:31 WIB

Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa Meninggalnya Edhie Sunarso

Rep: c25/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Jokowi
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia seni dan sejarah Indonesia berduka. Salah satu seniman pahat terbaik Indonesia, Edhie Sunarso meninggal dunia.

Pematung yang dikenal lewat karya-karya seperti patung dirgantara di Pancoran dan patung selamat datang di kawasan Bundaran HI, Jakarta, meninggal dunia pada Senin (4/1) malam di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sejak kabar duka ini merebak, berbagai ucapan bela sungkawa dari masyarakat pun cukup banyak bertebaran di dunia maya, khususnya media sosial Twitter. Bahkan, ucapan duka juga diposting orang nomor satu Indonesia, Presiden Joko Widodo, lewat akun Twitternya di @jokowi.

"Kita berduka atas berpulangnya Empu Ageng Edhie Sunarso, pematung Tugu Dirgantara Pancoran. karyanya jadi inspirasi generasi muda," tulis Jokowi, Selasa (5/1).

Karya Edhie lain banyak bertebaran di sejumlah daerah, dan masih berdiri tegak sampai sekarang. Beberapa di antaranya adalah Monumen Pembebasan Irian Barat di Jakarta, Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya di Jakarta, Monumen Jenderal Ahmad Yani di Bandung, Monumen Jenderal Gatot Subroto di Surakarta, Monumen Yos Sudarso di Surabaya dan Biak.

 

Baca juga:

Selain Patung di Bundaran HI, Ini Warisan Berharga yang Ditinggalkan Edhi Sunarso

Kisah Bung Karno dan Patung Selamat Datang

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement