Ahad 03 Jan 2016 16:55 WIB

Pertahankan Prestasi Dunia, Bali Lakukan Inovasi Pariwisata di 2016

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Salah satu tujuan wisata di Pulau Bali/Ilustrasi
Foto: www,dephut.go.id
Salah satu tujuan wisata di Pulau Bali/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pulau Bali kembali mendapat penghargaan sebagai pulau terbaik kedua di dunia setelah Galapagos dan pulau terbaik pertama di Asia versi majalah Travel+Leisure 2015. Hal ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat dan industri pariwisata di Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Gede Yuniartha Putra menyampaikan terima kasih atas kepercayaan wisatawan mancanegara (wisman) yang telah memilih Bali. Pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata Pulau Dewata untuk melakukan berbagai inovasi pengembangan 2016.

"Inovasi-inovasi ini pada dasarnya bertujuan menyebarkan wisman ke lebih banyak destinasi pariwisata di semua kabupaten dan kota yang ada di Bali, termasuk ke provinsi lain yang ada di Indonesia," kata Yuniartha kepada Republika.co.id, Ahad (3/1).

(Baca Juga: Bali Dinobatkan Sebagai Pulau Terbaik Kedua di Dunia [2015])

Pemerintah provinsi dan daerah juga mengajak masyarakat dan wisatawan untuk menjaga keamanan dan kebersihan Bali supaya tetap menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Hal ini membuat wisman akan kembali tertarik mengunjungi Bali untuk kedua kali dan seterusnya.

Yuniarta mengatakan konsep the Great Bali menjadi salah satu lokomotif pengembangan pariwisata nasional. Bali bersama wilayah pariwisata sekitarnya, khususnya Banyuwangi (Jawa Timur) dan Lombok (Nusa Tenggara Barat) sedang gencar-gencarnya melakukan promosi ke seluruh dunia.

Selama ini destinasi pariwisata di Bali masih terpusat di Bali Selatan, khususnya Badung, Denpasar, dan Gianyar. Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Bali, I Ketut Ardana mengatakan Bali masih mempunyai kekayaan lain berupa tempat-tempat indah untuk dikunjungi di luar Bali Selatan, seperti Karangasem dengan pantai dan kehidupan masyarakat pesisirnya yang masih belum terekspos dengan baik.

"Pemangku kepentingan pariwisata di Bali harus berpikir mengembangkan daerah lain. Pembangunan ke depan perlu mengarah ke Bali Timur atau Bali Utara. Banyak obyek menarik di sana," katanya dihubungi terpisah.

Bali menjadi pulau terbaik di Asia dengan skor 88,98 di atas Maldives (88,53), dan Phuket, Thailand (79,22). Sebagai pulau terbaik kedua di dunia, Bali hanya terpaut tipis 1,84 poin, yaitu 88,98 di bawah Kepulauan Galapagos (90,82). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement