Senin 14 Dec 2015 22:22 WIB

Demokrat: Kualitas Perempuan Indonesia Harus Terus Ditingkatkan

Hari Ibu (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Hari Ibu (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPP Partai Demokrat, Aliyah Mustika Ilham mengatakan peningkatan kualitas perempuan khususnya di daerah terpencil, harus terus ditingkatkan.

"Dengan begitu, perempuan akan dipandang memiliki kemampuan yang sejajar dengan kaum laki-laki," ujarnya dalam seminar bertema “Kepedulian Terhaap Perlindungan Perempuan dan Anak”, di Kantor DPP PD, Jakarta, Senin (14/12).

Aliyah melanjutkan, selain itu pemerintah juga harus mencegah tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak, khususnya kekerasan seksual.

Menurutnya pemerintah harus mencari solusi, baik dalam upaya pencegahan maupun sanksi yang akan diberikan kepada pelaku.

"Artinya, perlu ada perbedaan hukuman antara pelaku orang dewasa dan pelaku anak," katanya.

Ia menambahkan, pelaku dewasa diberikan hukuman yang berat. Sebaliknya hukuman kepada pelaku kekerasan seksual yang dilakukan oleh anak-anak harus dibedakan.

"Artinya sebelum dilakukan hukuman, anak sebagai pelaku tersebut diberikan pendidikan dan pemahaman juga konseling anak tentang kesalahan yang telah dilakukannya," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement