Selasa 01 Dec 2015 12:56 WIB

Ratusan Mahasiswa Asal Papua Dibawa Ke Polda Metro Jaya

Rep: c21/ Red: Bilal Ramadhan
Bintang Kejora, bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM).
Foto: napiremkorwa.blogspot.com
Bintang Kejora, bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan orang yang mengaku Mahasiswa asal Papua dibawa ke Mapolda Metro Jaya dengan dikawal anggota Dit Sabhara Polda Metro Jaya setelah melakukan aksi masa di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Mereka dibawa menggunakan angkutan metromini sebanyak tiga bus dan mobil Resmob Polda.

"Belum ada kabar dari polisi, namun sekitar 124 orang digelandang saat lagi aksi di bundaran HI," kata pendamping Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Ikhsan saat mengantar mereka di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/12).

Ikhsan mengatakan aksi tersebut untuk merayakan peringatan Papua Merdeka yang jatuh pada tanggal 1 Desember. Selain itu, pada peringatan hari kebebasan Papua Barat, satu orang tewas di Nabire, Papua Barat.

Sementara itu, terlihat sejumlah anggota kepolisian menyita sejumlah pakaian bergambarkan bendera bintang kejora dan tulisan Free West Papua, dan satu buah motor milik demonstran. Setelahnya, mereka akan diperiksa satu persatu dan didata.

Sebelumnya, demonstrasi di depan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dilakukan orang yang mengaku dari Aliansi Mahasiwa Papua (AMP). Pada pukul 10.00 Wib, sempat terjadi kericuhan. Namun kondisi di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia (HI) telah berjalan kondusif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement