Kamis 26 Nov 2015 18:59 WIB

Sespimma Polri Cari Solusi Masalah Kemaritiman Melalui Seminar

Mabes Polri
Mabes Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Pasis Sespimma) Polri Angkatan 54, Kamis (26/11), menyelenggarakan seminar sehari bertajuk "Peran Polri dalam Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta. Seminar tersebut memberikan banyak masukan untuk Polri sebagai salah satu pemangku kepentingan di sektor kelautan.

Ketua Organizing Committee seminar tersebut, AKP Joyo Mulyo mengatakan, sejak dicanangkannya rencana program tol laut oleh Presiden Joko Widodo, Kapolri sebagai pimpinan puncak Polri telah memerintahkan seluruh jajaran Polisi Air dan Polisi Udara (Polairud) untuk menggunakan seluruh potensi yang dimiliki untuk mendukung keinginan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Karena, sebagai subsistem dari pemerintahan, Polri mengemban tanggung jawab untuk mensukseskan program pemerintah.

"Utamanya dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat yang terus terpelihara, demi jalannya roda pembangunan khususnya kemaritiman," kata Joyo di sela-sela acara seminar.

Oleh karenai tu, Sespimma Polri Angkatan ke-54, mencoba mengangkat permasalahan dalam seminar ini dalam upaya penanganan persoalan kemaritiman. Diharapkan, dari seminar ini dihasilkan beberapa masukan bagi pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan dalam kemaritiman.

Acara tersebut dihadiri tokoh-tokoh penting pemerintahan maupun akademisi yang menjadi narasumber. Di antaranya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung di sesi pertama. Di sesi kedua, diisi oleh peneliti senior LIPI Hermawan Sulistyo, Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin,  dan Direktur Polair Brigjen Pol Chairul Noor  Alamsyah. Mereka memberikan masukan untuk Polri untuk meningkatkan perannya dalam dunia kemaritiman Indonesia.

Presenter kondang Tina Talissa menjadi moderator pada acara ini. Pada acara tersebut, Tina mengaku bahagia menjadi moderator kali ini.

"Saya sudah beberapa kali menjadi moderator di acara seminar Sespimma. Tapi baru kali ini dihadiri oleh Kapolri," kata Tina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement