Selasa 24 Nov 2015 07:56 WIB

Hiroshima Bantu Penanganan Sampah Kota Bogor

Rep: c34/ Red: Nidia Zuraya
Tempat sampah
Foto: Antara
Tempat sampah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Hiroshima, Jepang, akan membantu penanganan sampah di Kota Bogor. Sebagai realisasi bantuan, pada Juni 2016 Pemkot Hiroshima akan melakukan kajian kegiatan masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan dukungan anggaran sebesar 50 juta yen.

Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut baik rencana Hiroshima Jepang yang akan membantu pengelolaan sampah di Kota Bogor. Orang nomor satu di Kota Bogor itu telah menerima kunjungan Project Team Director Pemkot Hiroshima, Takashi Inoue, di Balai Kota Bogor, Senin (23/11).

Menurut Bima, bantuan akan diberikan dalam bentuk pelatihan kepada pihak-pihak tertentu terkait pengelolaan sampah. Pendampingan pengelolaan sampah juga akan dilakukan di beberapa titik. "Sejauh ini lokasi yang telah disepakati ialah Kelurahan Rangga Mekar Kecamatan Bogor Selatan," kata dia.

Ia menyampaikan, Kelurahan Rangga Mekar sudah memiliki bank sampah tempat masyarakat belajar mengolah sampah secara ekonomis dengan menghasilkan  kompos dan produk daur ulang. Untuk melengkapi hal itu, akan dikembangkan penggunaan teknologi yang dapat memanfaatkan sampah sebagai sumber energi.

"Pengolahan waste to energy perlu terus dikembangkan sebagai energi terbarukan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi yang ada sekarang," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement