Senin 15 Feb 2016 20:28 WIB

Hiroshima Bantu Pemkot Bogor Atasi Persoalan Sampah

Bima Arya Walikota Bogor
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Bima Arya Walikota Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mendapatkan dukungan mengatasi persoalan sampah dari Pemerintah Provinsi Prefektur Hiroshima. Bantuan yang diberikan Hiroshima berupa perbaikan kapasitas pengelolaan sampah dan kebersihan.

"Pemerintah Provinsi Hiroshima dan Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) berkomitmen memberikan bantuan senilai 50 juta yen atau sekitar Rp 5,8 miliar rupiah untuk Kota Bogor," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya di sela-sela pertemuan dengan Gubernur Prefektur Hiroshima, di Bogor, Senin (15/2).

Tapi Bima mengatakan, bantuan tersebut tidak berupa uang tunai, tetapi berbentuk upaya perbaikan kapasitas pengelolaan sampah dan kebersihan di Kota Bogor. "Bantuan ini juga digunakan untuk menyusun rancangan induk pengelolaan sampah dan kebersihan, peningkatan kapasitas aparat kebersihan, serta pemberdayaan masyarakat dan komunitas lingkungan," katanya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, pada tahap berikutnya, akan diberangkatkan perwakilan dari pemerintah kota dan komunitas di Kota Bogor untuk dilatih dalam pengelolaan sampah dan kebersihan. "Perwakilan komunitas dan pemerintah akan diberikan pelatihan di Hiroshima," katanya.

Kepala Bagian Humas Setdakot Bogor, Encep Moh Ali Alhamidi mengatakan, Bima Arya Sugiarto telah berada di Hiroshima untuk melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Hiroshima, Hedehiko Yuzaki. Pertemuan itu akan membahas kerja sama dalam pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan hidup.

Dia mengatakan, keberangkatan Bima merupakan jawaban atas undangan dari Pemerintah Hiroshima yang pada November 2015 lalu telah mengawali kunjungan ke Kota Bogor. "Wali Kota akan melakukan kunjungan kerja sampai Rabu (17/2) mendatang. Kunjungan wali kota ke sana (Hiroshima) semuanya ditanggung oleh Pemerintah Hiroshima, mulai tiket dan akomdoasi," katanya.

Menurut Encep, dalam kunjungan perdananya, Bima menyebutkan banyak hal positif terkait pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup yang bisa dipelajari dari Hiroshima. Pada November tahun lalu, kata Encep, Tim Project Direktor Pemerintah Hiroshima, Takashi Inoue telah melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bogor untuk membahas kerja sama terkait pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan.

Sebagai realisasi bantuan yang akan diberikan Hiroshima, pada bulan Juni 2016 mendatang, Pemerintah Kota Hiroshima akan melakukan kajian tentang kegiatan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Rencananya dipilih dua lokasi yakni Kelurahan Rangga Mekar dan Kecamatan Bogor Selatan.

Pengelolaan sampah di Kelurahan Rangga Mekar telah berjalan, saat ini sudah terdapat bank sampah, masyarakatnya juga sudah belajar cara mengolah sampah secara ekonomis dengan menghasilkan kompos dan produk daur ulang. Untuk meningkatkan pengelolaan sampah di tingkat masyarakat, diperlukan pengembangan penggunaan teknologi yang dapat memanfaatkan sampah sebagai sumber energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement