Rabu 28 Oct 2015 02:30 WIB

Soal Pansus Asap, Delapan Fraksi 'Yes', Hanura dan Nasdem Belum Jelas

Sejumlah kendaraan menembus kabut asap yang menyelimuti Kota Palangka Raya, Kalteng, Selasa (27/10).
Foto: Antara/Saptono
Sejumlah kendaraan menembus kabut asap yang menyelimuti Kota Palangka Raya, Kalteng, Selasa (27/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan delapan fraksi telah mengambil keputusan untuk membentuk panitia khusus terkait bencana asap yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Delapan fraksi sudah setuju, tinggal NasDem dan Hanura yang masih belum mengambil keputusan," kata Edhy di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (27/10).

Dia mengatakan kedelapan fraksi itu antara lain PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PKS, Demokrat, PPP, dan PKB. Edhy mengungkapkan tujuan pansus untuk mendorong pemerintah dapat men?yelesaikan kasus asap dan bukan mencari perusahaan nakal.

"Masalah asap ini sudah berlarut-larut, Presiden katanya sudah pulang," ujarnya.

Dia menyatakan, Pansus itu tidak berniat menjegal upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan pemerintah. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung adanya pembentukan Pansus Asap karena penanganan asap sudah terlambat dan tidak serius.

Dia menilai Pansus Asap bisa terwujud karena pada kenyataannya musibah itu menjadi masalah serius dan sudah menyangkut masalah ekonomi, masalah kesehatan, transportasi, pendidikan lain. "Saya kira pansus asap adalah aspirasi, harus ada inisiasi minimal 25 orang plus dua fraksi," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi mengatakan pansus dibentuk agar menghasilkan regulasi pencegahan kebakaran hutan. Hal itu menurut dia, aturan yang ada dalam UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, masih terdapat celah terjadinya pembakaran hujan.

"Karenanya kita bantu pemerintah supaya kedepan tak terulang lagi," ujarnya. Dia berharap pansus itu dapat dibentuk pada Rabu (28/10), sehingga hasil tersebut dapat dibawa pada penutupan paripurna masa sidang yang digelar pada Jumat (30/10).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement