Senin 28 Sep 2015 03:00 WIB

Crane dan Mina, Catatan Utama Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun Ini

Rep: Marniati/ Red: Winda Destiana Putri
Kecemasan jamaah calon haji Indonesia usai runtuhnya crane di Masjidil Haram, Makkah
Foto: Ist
Kecemasan jamaah calon haji Indonesia usai runtuhnya crane di Masjidil Haram, Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim pengawas haji DPR RI akan melakukan evaluasi terkait proses penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Ketua komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengatakan musibah crane dan tragedi Mina menjadi sorotan utama dalam agenda evaluasi tersebut.

"Itu (crane dan tragedi Mina) sudah ada dalam catatan tim pengawas haji DPR. Dan itu insyaallah akan kita evaluasi secara bersama-sama setelah selesainya masalah yang menimpa para jamaah haji kita. Kita tidak mungkin melakukan evaluasi pada saat yang sama kita memerintahkan mereka (kemenag) untuk melakukan pencarian korban atau jamaah haji yang hilang itu," ujar Saleh kepada Republika, Ahad (27/9).

Menurutnya, dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini memang terdapat peningkatan pelayanan ibadah haji dari sisi fasilitas seperti pemondokan dan katering. Tetapi dari sisi lain masih banyak yang harus dievaluasi. Seperti penyebab musibah jatuhnya crane dan tragedi Mina.

Dalam evaluasi nanti penyebab dari musibah crane dan tragedi Mina akan diketahui apakah karena kesalahan dari pihak penyelengara atau murni di luar jangkauan, pantauan dan koordinasi pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement