Kamis 24 Sep 2015 16:18 WIB

Kereta Rute Purwokerto-Yogya-Solo Dioperasikan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Indira Rezkisari
PT KA membuka rute baru Purwokerto-Yogya-Solo, perpanjangan dari rute Joglo Ekspress yang selama ini melalui rute Yogya-Solo saja.
Foto: Antara
PT KA membuka rute baru Purwokerto-Yogya-Solo, perpanjangan dari rute Joglo Ekspress yang selama ini melalui rute Yogya-Solo saja.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT KAI akan mengoperasikan KA baru jurusan Purwokerto-Yogya-Solo pulang pergi. KA penumpang kelas ekonomi yang bernama KA Joglokerto ini, akan mulai beroperasi pada Jumat (25/9).

''KA ini sebenarnya perpanjangan rute KA Joglo Ekspres yang sebelumnya sudah beroperasi melayani rute Solo-Yogya. Rute tersebut kemudian diperpanjang hingga Purwokerto, mengingat potensi penumpang di jalur ini yang cukup besar,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, Kamis (24/9).

Dia menyebutkan, KA tersebut akan beraangkat dari Solo menuju Purwokerto pukul 06.15, Yogyakarta pukul 07.19 dan tiba di Purwokerto pukul 10.01. Selanjutnya, dari Purwokerto KA akan berangkat menuju Solo pukul 10.38, Yogyakarta pukul 13.46 dan tiba di Solo pukul 14.46.

''Selama  perjalanan di rute tersebut, KA Joglokerto ini akan berhenti di stasiun- stasiun Kroya, Sumpyuh, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari,'' jelasnya.

 

Mengenai tarif tiket, Surono menyebutkan, KA tersebut merupaka KA kelas ekonomi komersial yang tidak mendapat subsidi PSO dari pemerintah. Untuk itu, besaran tarif dibagi dalam tiga kategori dengan menggunakan sistem tarif batas bawah dan batas atas.

''Tarif batas bawah untuk jarak Purwokerto-Kebumen, Gombong- Yogya dan Kutoarjo-Solo atau sebaliknya sebesar Rp 50.000 dan tarif batas atasnya Rp 100.000. Tarif batas bawah untuk jarak Purwokerto-Yogya atau sebaliknya Rp.60.000 dan batas atas Rp 115.000. Sedangkan tarif batas bawah untuk jarak Purwokerto-Solo PP Rp 70.000 dan tarif batas atasnya Rp 135.000,'' jelasnya.

Surono menyeutkan, dalam masa awal pengoperasian KA Joglokerto tersebut, akan diberlakukan tarif tiket promosi batas bawah. Harga tiket sesuai tatif batas bawah ini, berlaku sejak 25 September hingga 31 Oktober 2015. ''Bahkan untuk rute Kutoarjo-Yogyakarta, diberlakukan tarif khusus sebesar Rp 20.000,'' jelasnya.

Selain mengoperasikan KA Joglokerto, Surono juga menyebutkan, mulai Jumat (25/9), jadwal perjalanan KA Jakatingkir jurusan Purwosari-Pasarsenen, mengalami perubahan. ''Jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwosari, mundur dari pukul 15.45 menjadi pukul 18.15. Dengan demikian, jadwal keberangkatan dari Stasiun selanjutnya, seperti Stasiun Lempuyangan, Kutoarjo dan Purwokerto, juga mundur sekitar 2,5 jam,'' jelasnya.

Dari stasiun Kutoarjo, jadwal KA Jakatingkir mundur dari pukul 17.51 menjadi pukul 20.21, dan dari Purwokerto mundur dari pukul 19.47 menjadi pukul 22.39. ''Namun untuk rute sebaliknya, yakni Pasarsenen-Purwosari, jadwal KA ini tidak mengalami perubahan,'' jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement