Jumat 18 Sep 2015 14:31 WIB

Polda Sulselbar Sosialisasikan Cara Penangkapan Ikan pada Masyarakat Nelayan

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Didi Purwadi
Kapal nelayan yang diamankan Polair Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/9).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Kapal nelayan yang diamankan Polair Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Masih banyaknya penangkapan ikan dengan cara tidak benar di wilayah perairan Sulawesi Selatan dan Barat, membuat pihak Kepolisian Daerah Sulawesi dan Barat (Polda‎ Sulselbar) memperketat pengawasan penangkapan ikan.

Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi lebih intens dengan Polair dan kepolisian setempat, khususnya yang berada di sekitar kepulauan. Pasalnya, daerah kepulauan seperti Kabupaten Pangkajene (Pangkep) dan Makassar memiliki pulau-pulau kecil yang memiliki banyak nelayan kecil.

"‎Saya akan meminta setiap Polsek yang berada di wilayah pesisir pantai untuk terus sosialisasi kepada masyarakat nelayan, bagaimana melakukan penangkapan ikan secara baik," ungkap Pudji, Jumat (18/9).

Sementara penyidik perikanan dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Nur Salam menjelaskan, pihaknya sudah mensosialisasikan mengenai penangkapan ikan kepada nelayan, agar mereka tidak menggunakan alat-alat berbahaya.

Namun, dia juga mengaku pihaknya belum maksimal menjalankan sosialisasi karena sosialisasinya belum menjangkau masyarakat pulau. "‎Kami juga masih terbatasi fasilitas sehingga belum maksimal dalam sosialisasi tersebut," ungkap Nur Salam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement