Kamis 03 Sep 2015 13:02 WIB
PAN gabung pemerintah

PAN Dukung Jokowi, Amien Rais: Supaya Indonesia tidak Runtuh!

Pernyataan pendiri PAN Amien Rais tentang dukungan terhadap terhadap pemerintah.
Pernyataan pendiri PAN Amien Rais tentang dukungan terhadap terhadap pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, mengungkap alasan partainya berpindah haluan dari Koalisi Merah Putih (KMP) dan kini mendukung pemerintahan. Amien pun menjelaskan alasan tersebut melalui surat berjudul 'Supaya Indonesia tidak Runtuh' di kediamannya di Yogyakarta, Kamis (3/10).

"Hakikatnya ada dua bangunan yang paling penting bagi setiap negara, yaitu bangunan ekonomi dan bangunan politik. Bila kedua bangunan itu kuat dan tangguh, negara menjadi kuat dan kenyal menghadapi setiap tantangan yang ingin menghancurkan negara, baik dari kekuatan internal maupun eksternal," kata Amien.

Mantan ketua MPR tersebut melanjutkan, tetapi bila bangunan ekonomi goyah dan akhirnya hancur, negara bisa mengalami dua kemungkinan. Pertama, bila bangunan politik ikut retak dan tidak solid negara bisa ikut runtuh, bahkan lenyap dan hilang dari peta dunia.

"Kedua, bila bangunan politik cukup padu dan tangguh, kehancuran ekonomi tidak perlu merobohkan negara, karena kesatu-padu politik nasional dari bangsa dan negara akan mampu memikul bersama dampak sosial politik keruntuhan ekonomi tersebut," kata Amien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement