Kamis 23 Jul 2015 09:21 WIB

Ini Fakta dan Laporan Situasi Terbaru di Tolikara

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Erik Purnama Putra
Masjid Baitul Muttaqin yang kini tersisa puing-puing.
Foto: Masjid Baitul Muttaqin yang kini tersisa puing-puing.
Masjid Baitul Muttaqin yang kini tersisa puing-puing.

Forum Zakat sebagai tempat berkumpul lembaga zakat dan filantropi Islam perlu menjadi leader sector dalam proses sinergi penghimpunan dan penyaluran dana. Beberapa anggota FOZ telah melakukan kampanye penggalangan dana. Mereka memiliki donatur dan muzaki masing-masing. Jika kekuatan ini disatukan, tentu manfaatnya lebih berwujud.

Langkah rekonsiliasi dan rehabilitas yang akan dilakukan oleh Forum Zakat, dipaparkan oleh Amin Sudarsono, Sekretaris Eksekutif FOZ.Pertama, melakukan assessment dan pemetaan kondisi Tolikara secara komprehensif, mulai aspek budaya, komposisi penduduk, sebaran muslim, dan peta geo-politik geo-ekonomi secara lengkap. Itu bisa dilakukan bersama seluruh elemen lokal yang lebih memahami kondisi setempat.

“FOZ akan mengadakan FGD (focus group discussion) di Jayapura mengundang lembaga amil zakat, Baznas, ormas Islam dan tokoh agama yang telah berperan besar pada dakwah di Papua. Agar informasi yang kita punya benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Amin.

Kedua, melakukan pemetaan regulasi dan peraturan daerah, agar tidak gegabah dalam melangkah. FOZ akan melakukan dialog dengan Muspida (bupati, polisi, TNI, dan elemen pemerintah). Kajian regulasi ini penting untuk memahami konteks kearifan lokal yang mewujud menjadi hukum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement