Rabu 22 Jul 2015 07:33 WIB

Artis Ini Ajak Warga Sumbang Dana Bangun Masjid Tolikara

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Pandji Pragiwaksono
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Pandji Pragiwaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis sekaligus pelawak Panjdi Pragiwaksono menggalang donasi dan mengajak masyarakat Indonesia membangun kembali masjid di Tolikara, Papua, yang dibakar Jumat (17/7) kemarin.

Ia menginisiasi penggalangan dana untuk membangun kembali rumah ibadah umat Muslim di Kabupaten Tolikara. Masyarakat diajak untuk turun tangan menggalang dana bantuan.

"Apa yang kita bisa lakukan sebagai masyarakat? Membalas dengan dengan risiko kekerasan akan berlanjut atau bersama-sama, apapun agama Anda, apapun suku Anda, selama Anda merasa bagian dari bangsa Indonesia yang bersatu kita galang dana, kita turun tangan dan bangun kembali masjid yang dibakar," katanya Selasa (21/7).

Seluruh dana yang terkumpul melalui tautan kitabisa.com/masjidtolikara akan ditujukan ke Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Jayawijaya Papua.

Dalam satu hari kampanye, sejak diluncurkan pada Sabtu (18/7) sudah terkumpul Rp 113.453.473 dari 362 donatur.

Kampanye ini menargetkan untuk menggalang dana Rp 200 juta dalam kurun waktu 30 hari. Ia berharap kampanye ini mengirim pesan yang kuat bahwa masyarakat kita satu dan tidak mudah dipecah belah.

Melalui akun twitternya @Pandji, Pandji juga mengajak followersnya menyumbang.

“Yuk kita kumpulin dana utk sumbangan? Mau? Kita ber-4 aja yg mulai. Mau kumpulin brp?”

Di kicauan yang lain ia mengatakan,

"Kita sepakat: Kita bangun masjid bukan karena yakin tidak akan dibakar  lagi. Kita bangun kembali karena itu tanggung jawab kita sebagai saudara sebangsa. Beriringan, dukung juga usaha untuk tuntut pemerintah menindak tegas pelaku."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement