Sabtu 18 Jul 2015 18:09 WIB
Lebaran 2015

Libur Lebaran, Alun-Alun Bandung Jadi Destinasi Favorit

Rep: c01/ Red: Agung Sasongko
Ngabuburit: Sejumlah warga bermain di taman alun-alun, Kota Bandung, Selasa (23/6).
Foto: Republika/Septianjar Muharam
Ngabuburit: Sejumlah warga bermain di taman alun-alun, Kota Bandung, Selasa (23/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung memiliki beragam tempat wisata menarik untuk dikunjungi selama libur Lebaran. Salah satu lokasi wisata yang tidak pernah sepi dari pengunjung siang dan malam, Alun-Alun Bandung.

Kawasan Alun-Alun Bandung yang terletak persis di pelataran Masjid Raya Bandung dinilai menciptakan suasana yang menyenangkan untuk berkumpul. Dengan dilengkapi area rumput sintetis yang luas dan beberapa fasilitas untuk bermain anak, Alun-Alun Bandung selalu diramaikan oleh banyak keluarga dan kelompok anak muda.

Kenyamanan Alun-Alun Bandung dan dekatnya fasilitas ibadah juga menarik perhatian wisatawan dari luar Kota Bandung, salah satunya Ahmad Hasan (36) dan keluarga. Ahmad yang baru tiba kemarin sore di Kota Bandung sengaja memanfaatkan libur hari kedua Lebaran untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar istrinya di Bandung.

Setelah bersilaturahmi, Ahmad dan keluarga kecilnya berjalan keliling Bandung dan memutuskan bersantai sejenak di Alun-Alun Bandung. "Suasananya enak, dekat dengan masjid juga," kata Ahmad.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyadari taman-taman tematik di Kota Bandung akan menjadi salah satu destinasi yang menarik perhatian para wisatawan selama Libur Lebaran. Untuk itu, Ridwan telah mempersiapkan kebersihan taman-taman di Kota Bandung sebelum libur Lebaran tiba. Ridwan mengatakan pihaknya melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan telah bergerak untuk membuat destinasi-destinasi wisata taman di Kota Bandung lebih nyaman.

"Antisipasi nanti dari arus turis-turis yang kemungkinan akan datang hari Sabtu, persiapan kita jauh lebih baik. Taman-taman juga lebih bersih, lebih hijau," ungkap Ridwan.

Untuk menjaga kebersihan, Ridwan juga mengatakan Pemerintah Kota Bandung telah mempersiapkan lebih banyak tong sampah, khususnya di daerah wisata. Dengan begitu, para wisatawan tidak akan kesulitan menemukan tong sampah dan dapat membuang sampah pada tempatnya. Selain itu Ridwan juga mengatakan pasukan kebersihan Kota Bandung akan disiagakan dua kali lipat untuk menjaga kebersihan kota.

"PD Kebersihan bergerak siang dan malam," ujar Ridwan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement