Senin 06 Jul 2015 13:27 WIB

Sejumlah Menteri Dinilai tak Jalankan Nawacita Jokowi

Kabinet Kerja era Jokowi-JK.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Kabinet Kerja era Jokowi-JK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo disarankan segera merombak Kabinet Kerja, mengingat banyaknya kinerja menteri yang dinilai tidak cermat dalam bekerja. Seperti yang dilakukan Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto.

Pendapat itu disampaikan politikus PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu dalam acara 'Siapa Kena Reshuffle?', di Dapur Selera, Jakarta Selatan, Ahad (5/7). "Karena ada beberapa putusan presiden sebelum jadi peraturan kan dibahas dulu di sekretaris kabinet, tap diloloskan untuk jadi Peraturan Presiden," ujar dia.

Anggota komisi III ini juga mencontohkan sejumlah peraturan presiden dari soal tunjangan mobil pejabat yang kemudian dibatalkan Presiden Jokowi. Menurut Masinton, sebagai Sekretaris kabinet, Andi tidak jeli dan tidak waspada terhadap rancangan peraturan yang akan dikeluarkan presiden, dan cenderung mencelekakan.

"Seskab tidak bekerja secara profesional dan cenderung mencelakakan presiden dalam aspek kebijakan," tegas Masinton.

Selain Andi, menurut Masinton ada beberapa menteri yang tidak becus dalam menjalankan roda pemerintahan. Menteri tersebut hanya menjalankan visi-misinya saja, namun program nawacita Jokowi tidak dijalankan. "Ada beberapa menteri menjalankan visinya sendiri diluar Jokowi-JK, seperti Rini Soemarno ini kan gak boleh," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement