Selasa 30 Jun 2015 12:25 WIB

Aher: Purwakarta dan Kuningan Kawasan Hijau Terbaik

Rep: ita nina winarsih/ Red: Agus Yulianto
Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kabupaten Purwakarta menjadi daerah kawasan hijau terbaik di Jawa Barat. Penilaian itu, meluncur langsung dari pernyataan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Selain Purwakarta, Kuningan juga jadi kabupaten yang mampu menata dan menjaga lingkungannya.

"Purwakarta dan Kuningan, merupakan kabupaten terbaik yang mampu menjaga kelestarian lingkungannya. Sehingga, daerah ini jadi kawasan hijau," ujar Aher, disela-sela acara Safari Ramadhan, Senin malam (29/6).

Selain jadi daerah hijau, lanjut Aher, Purwakarta dan Kuningan, merupakan daerah yang pembangunannya paling bagus di Jabar. Kedua daerah ini, mampu mensinergiskan pembangunan dengan tata kelola lingkungan. Sehingga, kedua daerah ini pembangunannya jauh lebih maju ketimbang kabupaten lainnya.

Heryawan mengaku, indikasi kemajuan Purwakarta bisa dilihat dari meratanya pembangunan infrastur sampai pelosok pedesaan. Selain itu, kebutuhan masyarakat akan listrik juga sudah terpenuhi. Pendidikan dan kesehatannya juga gratis.

"Pembangunan di Purwakarta sangat pesat. Tak hanya infrastruktur, sektor pendidikan dan kesehatannya juga sudah sangat bagus," jelasnya.

Dengan kondisi ini, pihaknya mendorong supaya kabupaten lain mampu menyontoh pada Purwakarta dan Kuningan. Terutama, pembangunan yang berbasis tata kelola lingkungan dengan baik.

Menurut Aher, tingkat peradaban manusia dapat diukur dari kebersihan lingkungannya. Jadi, apabila sebuah daerah yang konsen terhadap kebersihan dan tata ruang kota yang baik, maka wilayah tersebut mencerminkan kemajuan peradabannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement