Jumat 26 Jun 2015 12:56 WIB

Konektivitas Antardesa Tingkatkan Pemerataan Pembangunan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan infrastruktur desa dan konektivitas antar desa menjadi salah satu fokus program yang dijalankan kementeriannya dalam lima tahun ke depan. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Marwan Jafar mengatakan desa-desa terpencil yang selama ini sulit dijangkau harus dapat ditembus.

"Konektivitas antar desa dan konektivitas nasional akan meningkatkan pemerataan pembangunan. Selain itu juga mengurangi kesenjangan antara daerah tertinggal dengan daerah maju, khususnya bagi 122 kabupaten yang masih dalam kategori tertinggal," kata Marwan, Jumat, (26/6).

Menurutnya, infrastruktur desa dan konektivitas nasional akan memudahkan sektor-sektor lain untuk masuk dan dikembangkan di desa. Desa bukan hanya mampu menjadi sentra produksi, namun juga lokomotif penggerak pasar.‬ Membangun konektivitas nasional, terang Marwan, memang memerlukan anggaran yang relatif besar. Namun jangan melihat kebutuhan dananya saja tapi yang penting besar manfaat yang akan diraih.

Diantaranya dapat mempercepat proses pembentukan desa mandiri dan maju. Bahkan desa-desa terpencil yang selama ini belum tersentuh pembangunan akan dapat ditembus dengan adanya konektivitas perdesaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement