Senin 18 May 2015 22:15 WIB

Agus Hermanto: Sekjen Demokrat tak Usah Ditebak

Rep: Agus Raharjo/ Red: Bilal Ramadhan
Penasihat Fraksi Partai Demokrat DPR Agus Hermanto (kanan).
Foto: Antara
Penasihat Fraksi Partai Demokrat DPR Agus Hermanto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Politikus senior Partai Demokrat, Agus Hermanto berharap semua pihak tidak perlu menebak siapa yang akan jadi Sekretaris Jenderal partai Demokrat. Menurutnya, pemilihan Sekjend menjadi kewenangan ketua umum Demokrat Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dan tim formatur. Selain itu, hanya bisa bersabar menunggu pengumuman resmi dari Demokrat.

"Rasanya kita tidak usah menebak-nebak (sekjend), nanti kita tunggu saja," kata Agus Hermanto pada Republika, Senin (18/5).

Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, dalam waktu tidak lama lagi SBY akan mengumumkan susunan kepengurusan partai Demokrat periode 2015-2020. Sebab, aturan perundangan mengharuskan partai politik harus mendaftakan susunan kepengurusan paling lambat 1 bulan setelah kongres partai dilakukan.

Jadi, kurang dari 1 bulan ini, Demokrat pasti akan mengumumkan secara resmi siapa saja yang duduk di kepengurusan. Saat ini, formatur Partai Demokrat masih bekerja memilih nama-nama yang akan dimasukkan dalam kepengurusan.

Sehingga, imbuh Agus Hermanto, semua pihak selain formatur jangan menebak siapa nama sekjend Demokrat 5 tahun mendatang. "Kalau mebebak pasti salah dan kita tunggu saja keputusan formatur yang saat ini mulai bekerja," imbuh dia.

Tim formatur Partai Demokrat inilah yang memiliki kewenangan untuk memilih nama pengurus. Seluruhnga menjadi kewenagan formatur. Seluruh kader Demokrat, kata dia, menyerahkan seluruh penyusunan kepengurusan pada formatur.

"Jadi dari formatur itu, yang membuat kriteria, bagaimana, siapa, yang harus diajukan dan dipilih," tegas Agus Harmanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement