Selasa 12 May 2015 20:04 WIB

Gubernur Minta Rp 1 Triliun, Menteri Andrinof: Kita Tampung Dulu

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Bappenas Andrinof Chaniago
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Bappenas Andrinof Chaniago

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago menyatakan akan menampung usulan para gubernur atas tambahan dana sebesar Rp 1 triliun untuk setiap provinsi. Namun, Andrinof menegaskan bahwa pemerintah pusat akan mengedepankan prinsip prioritas dalam menggunakan anggaran.

"Ditampung aja dulu. Kalau soal dipenuhi kan dilihat dulu, dilihat dari kemampuan kita kemudian urgensinya nanti dilihat. Tapi yang jelas itu diperhatikan. Kalau satu triliun berarti 34 T, cukup besar," ujar Andrinof.

Untuk pembangunan infrastruktur daerah, Andrinof saat ini menyebut pemerintah akan fokus dahulu pada rencana untuk penambahan Rp 100 Miliar kepada setiap daerah. Meski demikian, pembagian untuk setiap daerah tidak akan sama.

"Nanti tetap akan ada sistem penyaringan prioritas. Ide dari bapak presiden untuk berikan 100 miliar per kabupaten, tidak akan diberikan secara pukul rata. Kita akan kembali kepada prioritas yang sudah ada kriteria. Misalnya untuk jalan, kalau di daerah itu memang jalan rusak parah," ujar Andrinof.

Lebih lanjut, prioritas ini yang akan digunakan untuk memutuskan alokasi dana tambahan Rp 100 miliar untuk kabupaten kota. Sedangkan terkait dana tambahan Rp 1 triliun untuk provinsi, pemerintah mengaku masih akan mengkaji. Andrinof sendiri enggan untuk menjanjikan lebih jauh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement