Senin 04 May 2015 14:15 WIB

Pakar Hukum UI: Penangkapan Novel Baswedan Bukan Kriminalisasi

Rep: C93/ Red: Erik Purnama Putra
Pakar hukum pidana Universitas Indonesia Chudry Sitompul.
Foto: Twitter
Pakar hukum pidana Universitas Indonesia Chudry Sitompul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar hukum pidana Universitas Indonesia Chudry Sitompul menilai, penangkapan penyidik KPK Novel Baswedan oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tidak bisa dikategorikan kriminalisasi. Pasalnya, apa yang dilakukan Bareskrim sudah sesuai dengan prosedur.

 

Menurut dia, yang dinamakan kriminalisasi itu ketika orang tidak bersalah, tetapi dicari-cari kesalahannya atau atau rekayasa. Tapi, penangkapan yang dilakukan Bareskrim terhadap Novel itu memiliki dasar.

 

“Malahan ini dekriminalisasi, yaitu orang bersalah yang mestinya ia dihukum, tapi karena memiliki posisi jadi gak dihukum. Kan gak boleh gitu,” katanya kepada Republika, Senin (04/05).

 

Ketika ditanya permasalahan ini kental dengan unsur politisasi menurutnya hal tersebut memang benar adanya dan tidak bisa dihindarkan. Mengingat kedua lembaga penegak hukum tersebut mempunyai jabatan yang penting.

 

“Tapi kalau diartikan politik praktis untuk kepentingan perorangan dan golongan, itu sama sekali gak,” tambah Chudry.

 

Tetapi, menurutnya, tidak perlu banyak berpolemik dalam permasalahan itu. Kalau memang Novel merasa tidak bersalah, bawa saja langsung kasus tersebut ke pengadilan lewat jalur praperadilan atau apapun untuk membuktikan ketidakbersalahannya tersebut.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Novel Baswedan ditangkap oleh Bareskrim. Penangkapan tersebut berkaitan dengan kasus dugaaan penganiayaan yang melibatkan Novel Baswedan yang terjadi pada 2004 saat Novel masih bertugas di Polres Kota Bengkulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement