Jumat 01 May 2015 13:47 WIB

Tokoh Perubahan Republika Dinilai Sadarkan Masyarakat

Rep: C16/ Red: Ilham
Pemandu acara dan penyiar radio, Muhammad Farhan.
Foto: Wikipedia
Pemandu acara dan penyiar radio, Muhammad Farhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter dan pembawa acara Muhammad Farhan mengatakan, acara Penganugrahan Tokoh Perubahan Republika 2014 merupakan acara yang menarik. Sebab, penghargaan itu dapat menyadarkan masyarakat Indonesia untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

"Republika satu-satunya media nasional yang memberikan apresiasi sekaligus sebuah kesadaran bahwa perubahan itu sedang dan terus terjadi," kata Farhan.

Menurut Farhan, ajang ini merupakan salah satu cara untuk menyadari bagaimana melakukan perubahan dan merubah teori menjadi sebuah aplikasi yang tepat. Pada saat yang bersamaan, tambahnya, perubahan yang dilakukan para tokoh bukan hanya  perubahan yang dilakukan secara organik, tetapi juga perubahan yang dimulai dari tingkatan masyarakat sipil yang baik. Perubahan bahkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, bukan hanya sekedar jargon

Menurut Farhan, dirinya sangat mengagumi sosok ketiga kepala daerah yang mendapatkan penganugrahan tokoh perubahan, yaitu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Mereka memberikan dampak luar biasa terhadap daerahnya masing-masing.

Belum lagi, tambah Farhan, perubahan yang dilakukan oleh komunitas seperti yang dilakukan oleh One Day One Juz dan perubahan yang dilakukan oleh pimpinan ormas Muhammadiyah seperti Din Syamsudin. Menurut pria kelahiran Bogor ini, apa yang dilakukan para tokoh perubahan sangat patut diapresiasi.

"Para tokoh perubahan memang perlu melawan arus dan menciptakan arus baru yang dapat membuat perubahan yang lebih baik terhadap sebuah bangsa," kata Farhan.

Kedepannya, Farhan menyarankan agar anugrah tokoh perubahan dapat diberikan kepada komponen-komponen masyarakat sipil seperti dari daerah-daerah, ormas, dari unsur politisi, unsur pengusaha, unsur aparat keamanan, dan juga akademisi.

Farhan berharap melalui penganugrahan Tokoh Perubahan Republika 2014 ini perubahan dapat dirancang dengan sengaja secara bersama. Dengan menciptakan komponen masyarakat madani yang baik, maka terciptalah tujuan yang terukur yang berguna untuk masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement