Selasa 07 Apr 2015 17:21 WIB

Nasdem: Fit and Proper Test Budi Gunawan Pekan Depan

Rep: C82/ Red: Erik Purnama Putra
Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella.
Foto: Republika/Wihdan H
Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR Patrice Rio Capella mengatakan, Komjen Budi Gunawan berpotensi menjadi wakil kepala Polri (Wakapolri). Posisi Wakapolri bakal kosong kalau Komjen Badrodin Haiti diangkat menjadi kepala Polri (Kapolri).

Menurut Rio, Budi Gunawan yang sudah melewati rangkaian proses untuk menjadi Kapolri sebelumnya memiliki kelayakan untuk menjadi Wakapolri. "Kita melihat orang yang berpotensi, maka Pak BG itu kan sudah melewati fit and proper test, kemudian juga memenangkan proses praperadilan," kata Rio di gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/4).

Rio mengatakan, saat ini, pihaknya sedang fokus untuk membahas pecalonan Badrodin Haiti menjadi Kapolri. Berbagai persoalan terkait pencalonan tersebut, seperti penjelasan mengenai pembatalan Budi Gunawan, lanjutnya, sudah tuntas terjawab dalam rapat konsultasi yang digelar kemarin. "Oleh karena itu kita menganggap kalau Pak Badrodin jadi Kapolri maka karena kompetensinya Pak BG bisa jadi Wakapolri."

Komisi III DPR pun, lanjutnya, akan segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Badrodin. Dia memperkirakan ujian untuk kepala Lemdikpol tersebut digelar pada pekan depan.

"Dua tiga hari Komisi III DPR akan melakukan fit and proper test kemudian hasilnya akan disampaikan di sidang paripurna, kemudian presiden tinggal melantik. Mudah-mudahan mulai minggu depan kita sudah punya Kapolri baru," ujar sekjen Partai Nasdem itu.

Rio  menambahkan, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah sepakat mengenai usulan Budi Gunawan menjadi Wakapolri. Namun, usulan tersebut akan tetap dikembalikan kepada Presiden Jokowi, apakah akan diterima atau tidak.

"Ini kan baru usulan dan wacana. Untuk Wakapolri tidak perlu fit and proper test, itu kan domain Wanjakti, Kapolri dan Presiden," ujar Rio.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement